Sabtu, 13 Oktober 2012


Tips Sehat Bersepeda di Bawah Terik Matahari

GOESS'88 – Apakah Anda seorang cyclist yang memiliki tanda ‘belang’ di lengan akibat bersepeda dalam rentang waktu berjam-jam di bawah terik matahari? Saya pun mengalami demikian. Apakah ini berbahaya bagi kesehatan? Berikut ulasan dari Thingsbike.
Dalam sebuah journal cyclist luar negeri kami kutip sebuah statement demikian ‘…long days cycling in the sun can have a more serious impact.” Sebuah studi dari pusat riset kanker di Inggris menyebutkan jumlah pria penderita kanker kulit meningkat dua kali lipat dalam tiga dekade terakhir. Hal ini disebukan karena efek ‘pembakaran’ sinar matahari yang langsung mengenai kulit.
Dermatolog dari British Skin Foundation, Dr Ian Coulson mengatakan pengendara sepeda sangat beresiko atas efek merusak yang diakibatkan sinar matahari. "Pengendara sepeda menghadapi kerusakan kumulatif dari paparan sinar matahari yang kronis," katanya, "menyebabkan prevalensi lebih tinggi melanoma kanker dan penuaan dini."
Berkendara Sehat di bawah Terik Matahari
Bevis Mann dari Asosiasi Dermatologi Inggris (BAD) menyarankan agar kita menggunakan tabir surya (sun block) sebelum bersepeda dan menggunakan ulang setiap 1 jam, hingga 80 persen dari tabir surya akan datang dari melalui berkeringat.
Gunakan tabir surya dengan Sun Protection Factor (SPF) yang lebih tinggi, sebagai tabir surya diuji dengan 2mg pada setiap sentimeter persegi kulit, yang jauh lebih dari kebanyakan orang gunakan. "Kami menyarankan menggunakan setidaknya SPF 30, SPF 50" kata Mann.
Penggunaan sun block ini, gunakan pada daerah seperti leher, telinga, puncak lutut, dan patch botak (khusus bagi anda yang botak), yang rentan melalui ventilasi helm. Pengalaman saya bahkan evek buruk sinar UV ini bisa menembus jersey lengan pajang, sehingga berlaku untuk seluruh tubuh dan mengenakan pakaian dengan perlindungan UV.
Tips Tambahan Berkendara Sehat di Bawah Terik Matahari
  1. Kenakan helm dengan tambahan pad untuk melindungi telinga, hidung dan bibir.
  2. Menerapkan suncream sekali sehari pada wajah Anda – jika Anda bersepedadalam rentang waktu yang lama berarti Anda idealnya mengenakan lebih dari sekali dalam sehari.
  3. Kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV.
  4. Tutup paha dan punggung tangan –area yang bebas terbuka-  dengan suncream karena mereka terus-menerus terkena sinar UV.
  5. Kenakan baju lengan panjang jika Anda bersepeda untuk waktu yang lama dan mencari pakaian dengan rating UV yang tinggi sangat disarankan.
So, kini Anda sudah tahu bagaimana semestinya bersepeda dengan lebih sehat bukan?TIPS SEHAT BERSEPEDA DI BAWAH TERIK MATAHARI semoga tidak menyurutkan semangat sobat untuk tetap bersepeda, meski kini sobat tahu bagaimana bahaya merusak sinar UV ketika kita besepeda di bawah terik. Happy cycling!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar