Jumat, 24 Agustus 2012


Folding Bike Kendaraan Perang Airborne

 
 
 
 
 
 
Rate This

Mungkin pecinta folding bike atau sepeda lipat dapat berbangga hati karena dalam sejarah perkembangan sepeda, folding bike telah menorehkan sejarah yang bisa dibilang membanggakan. Sejarah itu adalah penggunaan folding bike untuk keperluan kendaraan pendukung perang yang digunakan pasukan elite sekutu yaitu Airborne pada zaman perang dunia II. Pasukan Airborne adalah pasukan pertama kali diterjunkan dari udara dengan parasut ke medan perang. Ketika diterjunkan dari pesawat, pasukan Airborne selain membawa senjata dan bekal juga membawa sepeda yang dapat dilipat (folding bike)  diikatkan pada tubuh dan terjun bersama. Kenapa dibekali sepeda? karena pasukan Airborne harus bergerak cepat dan efisien untuk segera menguasai objek vital musuh sebelum pasukan infanteri, kavaleri dan yang lain datang ke medan perang. Karena itu, sepeda paling praktis digunakan untuk sarana mobilisasi yang efisien juga diyakini tidak gampang diketahui musuh atau sering disebut stealth. Pada prakteknya, sepeda tidak hanya dipakai oleh pasukan Airborne saja namun pasukan infanteri yang datang menggunakan kapal laut juga dibekali sepeda.
Sepeda yang dipakai untuk pasukan Airborne tadi diproduksi oleh BSA (Birmingham Small Arms Company) pada tahun 1939-1942 dengan jumlah produksi mencapai 70.000 unit.
Berikut foto-foto sejarah BSA Airbone bicycle:
Melipat sepeda untuk diangkut dalam persiapan penyerangan pantai Normandy
Posisi siap terjun
Siap terjun dari pesawat C-47 Dakota
Siap terjun dari pesawat Stirling Bomber
Ketika pasukan Airborne telah mendarat di zona pendaratan. Tampak prajurit Airborne membawa senapan Lee Enfield No. 4 Mk tersampir pada Seatstay dan Handlebar
Sebuah sepeda BSA Airborne terlipat pada belakang Tank Sherman Pasukan Canada. Jadi bukan sedang loading menuju track Downhill :mrgreen:
BSA Airbone Bicycle dalam keadaan terlipat penuh
BSA Airborne Bicycle setelah perang usai
Sumber: http://bcoy1cpb.pacdat.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar